contoh karangan deskripsi paragraf

contoh karangan deskripsi paragrafParagraf Deskripsi adalah paragraf yang isinya melukiskan suatu objek dengan rangkaian kata-kata yang dapat merasang indra pembaca. Artinya penulis menginginkan agar pembaca bisa ikut melihat, mendengar dan merasakan melalui tulisan yang ditulisnya.

Contoh Paragraf Deskripsi :
Kantor itu dicat merah menyala, mencolok dibandingkan dengan kantor sejenis di komplek itu. Ketika kami masuk, kami melihat lobi kantor yang cukup berantakan. Meski berantakan, fasilitas di kantor itu lengkap. Masih ada sofa yang bisa dipakai duduk. Di belakang lobi ada ruangan tertutup dengan menyisakan lorong untuk masuk ke lantai atas. Di dinding lorong tertempel foto - foto kegiatan kantor serta beberapa piagam penghargaan.
karangan paragraf deskripsi
Contoh ke 2:
Tepat pukul 06.00 aku terbangun, diiringi dengan suara-suara ayam yang berkokok seolah menyanyi sambil membangunkan orang-orang yang masih tertidur. Serta dapat ku lihat burung-burung yang berterbangan meninggalkan sarangnya untuk mencari makan. Dari timur sang surya menyapaku dengan malu-malu untuk menampakkan cahayanya. Aku berjalan kehalaman depan rumah tepat dihadapan ku ada sebuah jalan besar untuk berlalu lintas dari kejauhan terlihat sawah-sawah milik para petani yang ditanami padi masih berwarna hijau terlihat sangat sejuk, indah, dan damai. Dari kejauhan pula terlihat seorang petani yang sedang membajak sawahnya yang belum ditanami tumbuhan, dan ada juga petani yang sedang mencari rumput untuk makanan binatang peliharaannya seperti kambing, sapi, dan kerbau. Didesa ku rata-rata penduduknya berprofesi sebagai petani.


Ciri - ciri paragraf deskripsi :
1. Memberikan gambaran tentang suatu benda, tempat atau suasana
2. Penggambaran dilakukan dengan melibatkan panca indra.
3. Mempunyai tujuan agar seolah - olah pembaca bisa ikut mendengar, melihat atau merasakan apa yang dideskripsikan oleh penulis.
4. Memberikan penjelasan mengenai objek yang dideskripsikan, bisa berupa warna, ukuran, sifat dan lain -lain.


Contoh karangan deskripsi
Siang itu aku sedang duduk santai di sofa empuk di dalam apotik milikku yang baru saja dibuka. Apotik ini adalah impianku sejak aku kuliah di Farmasi dulu. Sekarang aku memandang puas pada usahaku selama ini. Aku bisa mendirikan apotik di kota kelahiranku.

Apotik ini cukup luas, beberapa rak besar tempat obat-obatan berjejer rapi dengan kemasan-kemasan obat warna-warni yang dikelompokkan menurut farmakologinya dan disusun alfabetis. Pandangan saya tertuju pada rak buku di pojok ruangan yang berisi buku-buku tebal. Ku ambil satu buku yang disampulnya tertulis Informasi Spesialis Obat atau yang biasa disebut kalangan farmasi dengan buku ISO.

Setelah ku pandangi aku tersenyum dan mengembalikannya ke tempat semula. buku ini adalah buku pertama yang kubeli saat aku kuliah dulu. Aku memandang lagi secara keseluruhan apotik ini, sebuah televisi 14 inci dan sebuah computer di meja kasir. Hembusan angin dari AC cukup membuat udara terasa sejuk di bulan Mei yang panas ini.


Ciri-ciri karangan deskripsi sebagai berikut:

  1. Urutan ruang (spatial order) lebih banyak digunakan dalam struktur penyampaian deskripsi.
  2. Objek tulisan deskripsi umumnya adalah manusia, alam, dan benda karena deskripsi memaparkan sesuatu yang bisa tertangkap oleh indera.
  3. Gaya karangan deskripsi biasanya menarik dan pilihan kata yang memikat.
  4. Memberikan banyak contoh atau pembuktian.

Jenis karangan deskripsi terbagi dua yaitu:
  1. Deskripsi literer/deskripsi artistik adalah tulisan deskripsi yang berusaha mensugesti atau mengimpresi pembaca dengan kata-kata yang memikat.
  2. Deskripsi ekspositoris/deskripsi teknik adalah tulisan deskripsi yang menjelaskan sesuatu dengan perincian yang jelas tanpa menekankan unsur sugestif atau impresif.
Bentuk karangan deskripsi umumnya terlihat pada laporan perjalanan (travel writing), karya sastra (cerpen, cerbung, dan novel), berita fitur, artikel, dan lain-lain. Berikut ini contoh karangan deskripsi.
Saat ini tanpa sadar melalui jejaring sosial seperti facebook, banyak orang mendeskripsikan perasaan mereka, aktivitas mereka, pendapat mereka, dan hal-hal lainnya melalui status di facebook. (ws)