cara menurunkan berat badan alami

cara menurunkan berat badan alamimenurunkan berat badan adalah impian setiap orang gendut, tetapi memiliki tubuh yang gemuk dan kurang ramping atau perut gendut, tentu ini bukan keinginan kita. Terlebih lagi jika kita adalah seorang wanita, memiliki berat badan terlalu tinggi tidak akan membuat hidup kita tenang. Kebanyakan wanita menginginkan tubuh yang ramping, bukan tubuh yang gendut. saat merasa berat badannya bertambah, pasti mereka akan sangat bingung dan mencari cara untuk mengurangi berat badan. Artikel ini sebenarnya mirip dengan cara mengatasi perut buncit.
Menambah Waktu Olahraga
Cara pertama dalam mengurangi berat tubuh adalah berolah raga. jika sebelumnya anda juga rutin melakukan olah raga, maka menambah jadwal olah raga adalah cara pertama yang harus anda lakukan. jika sebelumnya anda melakukan olah raga 30 menit, sekarang tambah menjadi 45 menit atau 1 jam dalam setiap harinya.

Hindari Minuman berkarbonasi/minuman ringan
Minuman berkarbonasi biasanya adalah minuman ringan yang didalamnya mengandung 250 kalori yang semuanya berasal dari gula. Selain itu, dalam minuman ringan tidak mengandung vitamin. Wanita yang minum soda terlalu sering akan lebih mungkin terkena obesitas, diabetes atau osteoporosis.

Hindari makanan cepat saji
Makanan cepat saji yang sarat dengan kalori sebagian besar memiliki kandungan lemak. Bahkan, satu porsi makanan cepat saji, terutama jenis junk food yang mengandung seluruh jumlah kalori yang kita butuhkan dalam satu hari. Jangan mengkonsumsi makanan cepat saji dan timbnunan lemak badan Anda akan berkurang dalam waktu seminggu.

Kurangi Porsi Makan
Tentu saja sangat sulit bagi Anda untuk mengurangi porsi makan. Oleh karena itu, Anda hanya dapat menyisihkan setengah porsi makanan dari piring. jika sebelumnya anda makan 1 piring penuh, berlahan anda harus bisa menguranginya dari seper'empat sampai setengahnya.

Ganti Nasi Putih dengan Beras Merah
mengganti karbohidrat putih dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini memakan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, membuat perut merasa kenyang lebih lama. Ditambah karena sulit untuk dicerna, sehingga tubuh menggunakan banyak energi yang berguna untuk mengurangi kalori. Beras merah, kentang (rebus), kacang-kacangan dan roti gandum jatuh ke dalam karbohidrat kompleks yang kaya serat.

Makan Lebih Sering
Makan lima porsi kecil sehari akan membantu metabolisme Anda dan membantu Anda turunkan berat badan. Dengan makan makanan kecil lebih sering akan membuat Anda tidak merasa lapar sehingga mencegah rasa lapar dan keinginan untuk makan berlebihan.

Memperbanyak makan Buah dan Sayuran
Jika Anda serius ingindalam seminggu, salah satu cara yang harus dilakukan selain peningkatan cara diatas adalah memperbanyak makan buah dan sayuran.

Minum Sebelum Makan
minum air 5-10 menit sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar? Minum air sebelum makan dan Anda akan dapat mengurangi porsi makan. Dengan penekanan pada air minum juga dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda.

Hindari gorengan
Gorengan mempunyai potensi penyimpanan lemak yang dapat meningkatkan kolesterol dan menyebabkan penumpukan lemak yang berlebihan dalam tubuh. Oleh karena itu hindari gorengan dan harus mulai konsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus, dipanggang, pepes, kukus atau sup.

Dalam istilah kesehatan ada pembagian lemak dan efeknya bagi tubuh seperti berikut ini yang perlu diperhatikan untuk kesehatan kita.
Lemak Baik
Lemak baik nomor satu adalah omega 3, akan tetapi karena pola makan sekarang ini, 99% dari kita kekurangan omega3. Kebanyakan kita tidak merasa cukup hanya dengan mengkonsumsi ikan layaknya nenek moyang kita terdahulu. Padahal kita dapat memperoleh asupan omega 3 pada ikan salmon semisal faxseed oil. Sejumlah jenis kacang-kacangan juga banyak yang mengandung omega3
Monosaturated fats yang kebanyakan berasal dari minyak zaitun ternyata dapat menurunkan resiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Pemakaian minyak zaitun juga meningkatkan kekebalan tubuh, penurunan radang, kolestrol, mengurangi pengentalan darah, dan menurunkan kadar gula dalam darah. Sumber Monosaturated fats adalah minyak zaitun, almond, alpukat, hazelnut, dll.
Beberapa saturated fats tergolong jelek, namun memenutih kebutuhan tubuh kita. Misalnya karena jenis lemak dari saturated fats ini dapat meningkatkan kadar kolestrol. Akan tetapi dibutuhkan anak kecil pada masa pertumbuhan.
Kandungan lain yang dibutuhkan oleh tubuh adalah Omega 6 Polyunsaturated Fats. Sering ditemukan pada minya sayur semisal sesame oil, frape seed oil, dsb. Untuk pemakaian hanya sedikit bila anda ingin memaksimalkan pembakaran lemak dalam tubuh.
Lemak Buruk
Polyunsaturated Vegetable Oil yang sudah dimurnikan sudah banyak tersedia dan dikemas, seperti soy, corn vegetable, dsb. Sementara saturated fat sebagian besar pun mestinya di minimalisir.
Lemak sangat buruk
Penggolongan lemak yang satu ini termasuk trans fat, sering ditemukan di dalam mentega, permen, crackers, snack, cookies, salad dressing, fried food, dan lain sebagainya. Salahsatu jenis lemak tersebut dapat menghambat proses metabolisme, meningkatkan resiko diabetes, juga menambah berat badan, kanker, dan penyakit jantung. Sayangnya, kita sering mengkonsumsi jenis lemak di atas dalam makanan sehari-hari kita.

Demikian tadi artikel menurunkan berat badan semoga berguna.